Akuntansi (S1)

VISI & MISI

PRODI AKUNTANSI (S1)

Universitas Buddhi Dharma – Tangerang

VISI :

 “Terwujudnya Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis Universitas Buddhi Dharma yang menghasilkan lulusan yang unggul dengan kompetensi tinggi dalam bidang akuntansi  di provinsi Banten pada tahun 2025”

MISI :

“Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas secara komprehensif melalui peningkatan produktivitas di bidang Tridharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi tinggi.”

STUDI DI PRODI AKUNTANSI (S1) :

Jenjang             : Sarjana (S1)

Jenjang akademik prodi akuntansi yang dilaksanakan adalah semua lulusan bergelar: S.Ak. (Sarjana Akuntansi – S1)

Masa Studi       : 8 semester

Masa studi mahasiswa belajar sesuai kurikulum nasional atau Permen Ristekdikti, minimal: 8 semester atau setara 4 tahun dan maksimal: 14 semester atau setara 8 tahun.

Jumlah SKS     : 144 sks (minimal)

Jumlah SKS (sistem kredit semester) yang wajib ditempuh minimal: 144 sks dan maksimal 160 sks untuk lulusan sarjana

SEKILAS PRODI AKUNTANSI (S1) :

Program Studi Akuntansi (S1) dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang akuntansi yang mampu untuk merencanakan, membuat, menganalisa laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan (PSAK, SAK ETAP, SAK UMKM, IFRS) yang dibutuhkan oleh entitas baik swasta maupun publik.

Kurikulum Prodi Akuntansi (S1) selalu “uptodate” agar tidak terjadi “mismatch” antara kebutuhan pasar dengan lulusan mahasiswa. Dengan dukungan dosen pengajar matakuliah adalah praktisi dan akademisi yang kompeten di bidangnya, kemudian fasilitas-fasilitas infrastruktur yang ada sangat mendukung proses pembelajaran yang diharapkan.

Profil Lulusan AKUNTANSI (S1) :

  1. Akuntansi Keuangan: Mampu merencanakan, membuat dan menganalisa laporan keuangan perusahaan baik industri, jasa, pertambangan dan agrobisnis.
  2. Auditor : Mampu untuk merencanakan, membuat dan memeriksa kewajaran laporan keuangan perusahaan baik industri, jasa, pertambangan dan agrobisnis.
  3. Akuntan Pajak : Mampu merencanakan, membuat dan menganalisa laporan pajak perusahaan baik industri, jasa, pertambangan dan agrobisnis.
  4. Akuntan Pendidikan : Mampu menjadi pengajar di pendidikan formal ( SMK/sederajat atau Asisten Dosen) maupun non-formal (kursus/lembaga pendidikan luar sekolah)
  5. Akuntan Publik : Mampu merencanakan, membuat dan menganalisa laporan keuangan sektor publik baik lembaga pemerintah, rumah sakit, sekolah, universitas
  6. Konsultan Keuangan : Mampu menjadi asisten konsultan keuangan, pajak, analis keuangan.
  7. Peneliti Pemula : Mampu menjadi asisten peneliti.
  8. Entrepreneurship : Mampu memiliki jiwa kewirausahaan yang bercirikan kreatif, inovatif dan kemandirian yang berlandaskan etika.